Hati-Hati, Marak Penipuan Pinjam Uang Lewat WhatsApp di Bungo

Hendra, Wartawan di Bungo yang akun WhatsApp-nya dibajak melapor ke Polres Bungo, Kamis (29/8/2019). Ist

Muara Bungo, bungotoday.com – Pengguna WhatsApp perlu lebih waspada, pasalnya ada aktivitas penipuan pinjam uang yang mengatasnamakan sebagai teman WhatsApp.

Modusnya, si penipu meretas akun salah satu pengguna dan dipakai untuk mendapatkan sejumlah uang dari teman-teman di daftar kontak.

Seperti yang dialami seorang wartawan di Bungo, Hendra, akun WhatsApp miliknya dibajak oleh orang yang tak bertanggung jawab. Lalu, akunnya dipakai untuk chat meminjam uang ke beberapa teman yang ada dalam kontak Hendra.

Selain Hendra, beberapa orang di Bungo juga mengalami hal yang serupa, mengaku bahwa akunnya telah dibajak dan digunakan untuk meminjam uang.

Hendra ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa akunnya telah digunakan untuk menipu teman-teman di dalam kontak, pejabat di Bungo, termasuk Wakil Bupati Bungo. Si penipu meminjam uang sejumlah Rp 3 Juta dengan nomor rekening tertera di chat tersebut.

Salah satu hasil tangkap layar chat WA oleh seorang teman Hendra. Ist

“Beberapa orang teman menghubungi saya, termasuk Wabup, mengenai pinjam uang tersebut,” ujar Hendra kepada bungotoday.com, Kamis (29/8/2019).


Merasa dirugikan, Hendra langsung melaporkan kasus penipuan ini kepada pihak kepolisian, dalam hal ini Polres Bungo untuk dapat menindak pelaku.

Saat berita ini dirilis, Hendra sedang di Mapolres Bungo untuk memberi keterangan lebih lanjut. (gie)