2 Datuk Rio di Kecamatan Bathin II Pelayang Dikukuhkan Secara Adat

Pelayang, bungotoday.com – Bupati Bungo H Mashuri menghadiri pengukuhan gelar adat di dua Dusun dalam Kecamatan Bathin II Pelayang, Senin (27/7/2020).

Pengukuhan gelar adat dilaksanakan di Dusun Peninjau dan Dusun Pulau Kerakap, dengan dihadiri Sekda Bungo Mursidi, Ketua Dharmawanita Bungo.

Para kepala OPD, para Camat, para Rio, Tokoh masyarakat, kepala PLN UP3 Muara Bungo, Kacab Bank Jambi, unsur Forkompinda serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Bungo H Mashuri menyampaikan ucapan selamat kepada para datuk Rio yang baru saja dikukuhkan secara adat oleh ketua LAM.

“Jadi setelah dikukuhakan secara adat tentu tugas datuk Rio menjadi pedoman di tengah masyarakat sebagai pemangku adat di Dusun,” katanya.

Sebut Mashuri, semoga para datuk Rio bisa menjalankan tugas pemerintahan dengan baik. Serta mengedepankan adat istiadat di dusun. Bila ada permsalahan di dusun harus mengedepankan adat istiadat.


“Menjakankan roda pemerintahan harus berkerjasama dengan semua elemen di dusun. Karena membangun dusun tidak bisa dilakukan oleh Rio sendiri. Karena harus melibatkan semua unsur, dengan habu membahu maka dusun bisa maju,” tukasnya.

Pengukuhan adat dilakukan oleh ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kecamatan Bathin II Pelayang, M Nasir. Dua datuk Rio yang diberikan gelar adat yakni.

Rio Dusun Paninjau, Afrizal, dengan gelar datuk Rio patih. Rio Dusun Pulau Kerakap, Mujilisno dengan Gelar Datuk Rio Suko Menanti. (jsy)