4 Rio Terpilih di Pelepat Ikuti Pengukuhan Adat

Pelepat, bungotoday.com – Bupati dan Wakil Bupati Bungo kembali menghadiri Pengukuhan Gelar Adat empat Rio (Kepala Desa) terpilih Dalam Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo, Selasa (4/8/2020).

Kegiatan yang dipusatkan di halaman Kantor Camat Pelepat itu tetap menerapkan Protokol kesehatan Covid-19. Dihadiri juga oleh Sekda Bungo, Ketua dan Wakil Ketua beserta Anggota DPRD Bungo, Ketua TP-PKK Bungo, Ketua GOW, ketua Dharma Wanita.

Para Kepala OPD, Kapolsek Pelepat, Babinsa, Unsur Forkompinda, Para Camat, Para Tokoh Masyarakat, ketua LAM kecamatan Pelepat, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Bungo H Mashuri menyampaikan ucapan selamat kepada Empat Rio terpilih dalam kecamatan Pelepat, yang telah mengikuti Pengukuhan Gelar Adat.

“Atas nama pribadi dan pemerintah kabupaten bungo kami menyampaikan ucapan selamat kapada Datuk Rio yang baru dikukuhkan gelar adatnya. Mudah-mudahan Datuk Rio dapat menjalankan roda pemerintahan di dusun dengan sebaik-baik nya,” harap Bupati.

Selain itu lanjut Mashuri, Datuk Rio akan dihadapkan pada tugas yang telah menunggu, selain sebagai kepala pemerintahan juga selaku pemangku adat yang menjadi contoh di tengah masyarakat.


“Kami percaya bahwa Datuk Rio bisa menjalankan amanah dan tanggung jawab ini dengan sebaik-baik nya dan selalu mengedepankan adat istiadat di dusun,” katanya lagi.

Adapun empat Rio yang di kukuhkan dengan Gelar adat diantaranya:

1. Soleh, Rio Dusun Bukit Telago diberi gelar adat Datuk Rio mangku Suko di Rajo.

2. Fauzan, S.Pdi Rio Dusun Sekampil diberi gelar adat Datuk Rio Mangku Rajo Tuo.

3. Kholid, Rio Dusun Baru Pelepat diberi gelar adat Datuk Rio Mangku Murti.

4. H. Badrul Aini, Rio Dusun Rantel diberi gelar adat Rio Datuk Rio Malayo. (jsy)