Bupati Mashuri Hadiri Pengukuhan Gelar Adat 4 Rio Terpilih di Tanah Tumbuh

Tanah tumbuh, bungotoday.com – Bupati Mashuri didampingi Sekda Bungo kembali menghadiri pengukuhan Gelar Adat Rio dalam Kabupaten Bungo, Rabu (5/8/2020).

Pengukuhan Gelar Adat kali ini dilaksanakan dihalaman Kantor Camat Tanah Tumbuh yang diikuti Empat Rio terpilih pada Pemilihan Rio serentak 2020 beberapa waktu yang lalu.

“Pengukuhan gelar adat Datuk Rio hari ini merupakan hasil dari pada pemilihan Rio serentak tahun 2020 dalam Kecamatan Tanah Tumbuh pada waktu yang lalu, dan kami sampaikan ucapan selamat,” ujar Bupati Mashuri.

Tentu Kata Mashuri, sebagai kepala pemerintahan di Dusun, Datuk Rio juga selaku pemangku adat, maka dari itu laksanakan amanah dengan sebaik-baik nya demi kepentingan masyarakat banyak.

“Tadi kita sudah mendengar dan menyaksikan bersama-sama bahwa Datuk Rio telah menyampaikan fakta integritasnya mudah-mudahan ini bisa dilaksanakan tentu atas dukungan seluruh masyarakat,” terangnya.

Tampak hadir, Selain Bupati dan Sekda Bungo, Ketua TP-PKK Kabupaten Bungo, Ketua GOW, ketua Dharma wanita persatuan, para kepala OPD, para Kabag, para Camat, Tokoh masyarakat, Ketua Lembaga Adat Melayu, unsur Forkompinda Bungo serta undangan lainnya.


Adapun emat  Datuk Rio yang mengikuti pengukuhan gelar adat, sebagai berikut:

1. Haji Said Ali, Rio Dusun Pedukun dengan gelar adat Datuk Rio Ali.

2. Jafarin Rio Dusun Lubuk niur dengan gelar adat Datuk Rio Paduko.

3. Said Somad Rio Dusun Koto Jayo Datuk Rio Kecik.

4. Hamdan Rio Dusun Tebing Tinggi Uleh Datuk Rio Pak Cik megang mato. (jsy)