Pasien Positif Covid-19 Berdasarkan TCM di Bungo Meninggal Dunia

Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bungo saat temu pers di Kantor BPBD Kesbangpol Bungo, Rabu (16/9/2020).

Muara Bungo, bungotoday.com – Satu pasien positif Covid-19 berdasarkan hasil tes cepat molekuler (TCM), Warga Kelurahan Manggis, Kecamatan Bathin III, berjenis kelamin laki-laki berinisial “S” (59) meninggal dunia di Rumah Sakit Permata Hati Muara Bungo, Selasa (15/9/2020) kemarin.

Hal itu dibenarkan oleh Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bungo dr Syafarudin Motandang saat melakukan konferensi pers di Kantor BPBD Kesbangpol Bungo, Rabu (16/9/2020).

“Memang benar, positif uji TCM. Namun,  uji PCR-nya belum kluar,” ucap Syafarudin.

Dikatakannya, pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk melakukan pemakaman pasien. Meskipin hasil uji PCR belum keluar, pemakaman dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Dan kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak Provinsi Jambi bahwa pemakaman wajib menggunakan protokol kesehatan,” kata Syafarudin.

Diketahui, saat ini pasien yang meninggal tersebut telah dimakamkan di tempat pemakaman umum Pal 6, Kecamatan Rimbo Tengah, Bungo.


Pemakaman dilakukan dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

Tim dari Polres Bungo ikut diturunkan dalam pemakaman itu. Tampak juga  pihak dari keluarga pasien ikut mengantarkan ke tempat pemakaman.

Pihak Gugus Tugas mengaku akan melakukan tracking (pelacakan) dan tracing (penelusuran) sesuai riwayat perjalanan pasien dan orang-orang yang melakukan kontak erat terhadap pasien tersebut. (ldy/gie)