Pro Petani, Ini yang Telah Dilakukan Hamas-Apri untuk Pertanian Berkelanjutan

Muara Bungo, bungotoday.com – Empat tahun memimpin Kabupaten Bungo, Bupati H Mashuri dan Wakil Bupati H Safrudin Dwi Apriyanto (HAMAS-APRI) dinilai sudah memberikan perhatian serius di bidang pertanian. Itu terlihat dengan program-program pertanian di Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPH Bun).

Berdasarkan data yang diperoleh, kurun 2017-2019 HAMAS-APRI berhasil membangun 16.214 meter saluran tersier dan 11.258 meter saluran drainase untuk meningkatkan produksi pertanian. Kemudian juga terdapat 1.683 meter jalan usaha tani.

Tak hanya itu, kurun empat tahun terakhir melalui program Dinas TPHBun juga sudah menyalurkan Handtraktor sebanyak 123 unit. Terdiri dari 114 Handtraktor roda dua dan 9 unit Handtraktor roda 4.

Lalu juga ada Hydrotiller tiga unit dan Exavator Komatsu satu unit. Program lain melalui Dinas TPH Bun juga sudah dibangun 26 Dam Parit, 5 embung, 24 unit pintu air, 96 Handspayer, 94 alat tanam jagung, 83 pompa air, 18 Cultivator dan sejumlah program lainnya.

Seperti perpipaan, Longstorage, Hydrotiller, alat tanam padi dan program-program lainnya. “Saya rasa kalau melihat data itu sangat luar biasa perhatian HAMAS-APRI terhadap para petani,” kata juru bicara Tim Pemenangan HAMAS-APRI, Andas Toto.

Sekaligus menurut Andas Toto berdasarkan data itu juga menunjukkan kemampuan HAMAS-APRI dalam mengupayakan program-program pro rakyat. Khususnya para petani.


Lebih jauh katanya, tak hanya melalui program-program dan batuan. HAMAS-APRI juga terus turun mengunjungi petani untuk memberi dorongan dan pembinaan.

“Itu adalah bukti bahwa HAMAS-APRI menjadikan sektor pertanian program prioritas. HAMAS-APRI tidak cuma janji-janji. Tapi sudah lakukan. Saya yakin, kedepan akan terus ditingkatkan,” pungkas Andas Toto.(red)