Pengamanan Dipimpin Langsung Kapolres, Debat Kandidat Pilkada Bungo Aman dan Lancar

Muara Bungo, bungotoday.com – Kapolres Bungo AKBP Mokhamad Lutfi pimpin langsung pengamanan debat publik perdana Paslon Bupati dan Wakil Bupati Bungo Pilkada 2020, yang berlangsung di Ball Room Hotel Semagi Muara Bungo, Sabtu (28/11/2020).

Tidak hanya dari personel Polres Bungo, TNI dan Satpol-PP juga ikut mengamankan kegiatan tersebut. “Sebanyak 161 personel Polres, 30-an dari TNI, serta 20-an dari Sat pol PP. Yang pasti ada 200-an personel yang dikerahkan,” ujar AKBP M Lutfi.

Hadir juga dalam pengamanan debat publik, Komandan Kodim 0416 Bute Letkol Inf Widi Rahman, dan  Kabag Ops AKP Sandy Mutaqqin Pranayudha selaku koordinator pengendali lapangan.

Kapolres Bungo menerangkan, untuk mengamankan proses debat terbuka di Ball Room Semagi Hotel tersebut, pihaknya membuat pola pengaman terbagi tiga ring.

“Dan sebelum debat terbuka dimulai, area akan kami sterilisasi. Ini semua demi rasa aman dan nyaman,” ujar Lutfi.

Lutfi menuturkan, pelaksanaan debat publik paslon bupati/wakil bupati merupakan ranah penyelenggara pemilu, yakni KPU dan Bawaslu. Tapi dari sisi keamanan pelaksanaan salah satu tahapan pilkada serentak 2020 itu menjadi tupoksi TNI/Polri.


“Keamanan pelaksanaan debat publik menjadi ranah kami,” tegas Lutfi, perwira dengan dua melati dipundaknya ini.

Debat publik kali ini, berbeda dengan kegiatan di pilkada sebelumnya. Sebab dilaksanakan di tengah pandemi, sehingga jumlah peserta dibatasi. (btc/ldy)