Aliran Sungai Dam Muara Bungo Tercemar oleh Sampah

Tampak sampah menumpuk di Aliran Sungai Dam di Jalan Rangkayo Hitam, Kamis (19/7/2018).

Muara Bungo, bungotoday.com Kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempat yang disediakan pemerintah masih kurang. Pasalnya, masih saja ada masyarakat yang membuang sampah ke aliran sungai dam yang berada di jalan Rangkayo Hitam, Kelurahan Jaya Setia, Kecamatan Pasar Muara Bungo.

Tumpukan sampah yang berada di dalam sungai pada dam itu diketahui warga sekitar, Dirman (47), sudah seminggu yang lalu. Dirman pun berharap ada peringatan larangan buang sampah sekitar lokasi tersebut dari pihak terkait. Ketua Organisasi Masyarakat Garuda Fahlevi juga sesali hal ini.

Awak media bungotoday.com saat mengkonfirmasi kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prasetyo mengatakan, bahwa ia sangat menyayangkan hal tersebut.

“Sangat disayangkan, masih saja ada warga membuang sampah sembarangan apa lagi dialiran sungai, kita telah menerbitkan himbauan di beberapa titik. Sekitar 8 titik larangan pembuangan sampah beserta perdanya, jika masih ada yang membuang sampah sembarangan akan kita lakukan sanksi sesuai aturan yang berlaku,” ujar Kadis LH Prasetyo, Kamis¬†(19/7/2018).

Prasetyo berharap tidak ada lagi warga yang membuang sampah sembarangan apa lagi di aliran sungai.

Ia menambahkan bahwa efeknya sangat berpengaruh terhadap banjir yang pernah terjadi beberapa waktu lalu. (mdl)