Bupati Bungo Imbau Masyarakat Siap Siaga Lakukan Pencegahan Karhutla

Muara Bungo, bungotoday.com – Bupati Bungo H Mashuri memimpin apel siaga dan gelar peralatan kesiapansiagaan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Kegiatan ini diselenggarakan di lapangan MTQ Baru Kabupaten Bungo, di Kelurahan Cadika, Kecamatan Rimbo Tengah, Selasa (2/3/2021).

Tampak hadir juga Kapolres Bungo, Ketua DPRD Kabupaten Bungo, Kejaksaan negeri Bungo, Dandim 0416 Bute, Ketua Pengadilan Negeri Bungo, dan unsur Forkopimda lainnya.

Seperti yang disampaikan Bupati Bungo, bahwa untuk kesiapan penanggulangan karhutla, pemerintah Kabupaten Bungo telah menyiapkan sejumlah peralatan.

“Jika nantinya ada kebakaran hutan dan lahan, kita sudah siap dengan seluruh personel dan seluruh peralatan yang kita miliki. Ini adalah momentum yang penting bagi kita untuk kesiapan pencegahan kebakaran di Kabupaten Bungo,” kata bupati.

Untuk posko, lanjut Mashuri, sudah ada di kantor BPBD Kabupaten Bungo,. Tempat ini sebagai sarana untuk menyampaikan informasi-informasi yang tersedia, meski berdasarkan data yang ada, Kabupaten Bungo masuk potensi tingkat rendah untuk kebakaran hutan dan lahan.

Bupati Bungo juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bungo untuk tidak membakar lahan dan hutan. Jika ada kebakaran hutan dan lahan, segera laporkan kepada petugas atau posko yang telah disediakan.


“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bungo untuk siap siaga melakukan pencegahan Karhutla ini. Tidak hanya hutan dan lahan saja, rumah jika kita perhatikan. Walaupun kita titik yang paling rendah tapi kita harus waspada juga,” tutup Mashuri.(ldy)