Kebakaran Hebat di Gedung Kejaksaan Agung RI

(Foto: Herman Zakharia)

Bungotoday.com – Polisi menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran gedung Kejaksaan Agung, Senin (24/8/2020) hari ini.

Semula, olah TKP akan digelar pada Minggu (23/8/2020). Namun, itu ditunda lantaran gedung masih dalam keadaan berasap dan menunggu proses pendinginan.

“Jam 09.00 olah TKP kebakaran Kejagung,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada¬†CNNIndonesia.com, Senin (24/8/2020).

Olah TKP itu, kata dia, dilakukan untuk menyelidiki penyebab kebakaran yang melahap gedung utama Korps Adhyaksa tersebut.

“Termasuk untuk mencari penyebab kebakaran,” ucap Yusri.

Sebelummya, gedung Kejaksaan Agung yang berlokasi di Jalan Sultan Hasanuddin Dalam No. 1, Kelurahan Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan terbakar pada Sabtu (22/8/2020). Api pertama kali menyala sekitar pukul 19.10 WIB.

Awal kebakaran terjadi di Gedung Utama Kejaksaan Agung. Informasi awal yang diterima polisi menyebut, api muncul dari lantai enam Gedung Utama tersebut.

Terkait peristiwa ini, Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan telah dibentuk tim gabungan yang terdiri dari personel Bareskrim Polri dan Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Kejaksaan Agung guna menyelidiki penyebab kebakaran.

“Untuk menyelidiki sebab-sebab terjadinya kebakaran itu kita harus menunggu penyelidikan dari Polri. Sekarang sudah dibentuk posko bersama antara Kabareskrim dan Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Umum (Jampidum) untuk melakukan penyelidikan-penyidikan,” kata Mahfud dalam konferensi pers virtual, Minggu (23/8/2020) malam. (cnn)